Video Iklan TV Aher Deddy Mizwar yang Nyentrik


AGUSRIDWANSOPARI.COM - Tahun 2013-2014 adalah tahun politik, dimana banyak pilkada banyak digelar dan puncaknya, pilpres. Entah saya ingin sedikit mengomentari tentang salah satu cara berkampanye salah seorang kandidat; bukan sebagai konstituen hanya sebagai pribadi selaku pekerja yang terlibat dalam bisnis komunikasi.

Simple Brand Analysist

Saya merasa apa yang dijalankan oleh tim kampanye pilgub Jawa Barat gubernur petahana Ahmad Heryawan dan dan calon wakil gubernur Deddy Mizwar dikemas secara apik. Mulai dari pemilihan simbol kampanye Kancing Beureum (atau kancing merah), hingga cara launching simbol kampanyenya di Kereta Api.

Kemeja putih seragam kampanye Ahmad Heryawan / Kang Aher dan Deddy Mizwar dipasangi kancing berwarna merah dilengkapi badge bendera merah putih yang disematkan dibagian dada kiri seragam.

Pandangan pribadi, grafis dengan campaign color-nya disajikan dengan profesional melalui berbagai media. Nampaknya banyak diantara desain perkampanyean pasangan ini yang tidak dikeluarkan secara resmi oleh Tim Sukses Aher Deddy Mizwar. Beberapa diantaranya ada yang dibuat oleh simpatisan yang mereka share sendiri melalui Youtube atau Facebook.

Untuk fotografi, Aher Deddy Mizwar hanya menggunakan beberapa foto, untuk saat ini saya perhatikan ada 4 foto sesi dengan satu foto utama yang kerap terlihat di baliho yaitu posisi berdampingan. Kemudian foto ini benar-benar menonjol dibanding simbol kancing beureum-nya. Kandidat lain saya lihat masih kurang fokus, seolah ingin menonjolkan foto kandidat tapi ingin juga menonjolkan elemen lain seperti warna, typesetting slogan dan tekstur / background. Jika semua ditonjolkan maka tidak ada yang menonjol.

Konsultan Desain menyediakan desain untuk periklanan, pemasaran, humas, desain komunikasi politik atau tujuan lain berbentuk brosur, poster, stiker mobil, desain bendera, perangkat promosi acara, merchandising, baliho, spanduk, kalender, dll.

Iklan Aher Deddy Mizwar yang Nyentrik

Video iklan televisi untuk pilgub Jawa Barat Aher Deddy Mizwar ini bagi saya terlihat nyentrik! Biasanya iklan kampanye politik yang di-blow-up adalah kandidat yang sedang berinteraksi dengan warga, dipertegas dengan narasi janji manis atau pun prestasi kandidat yang sudah dipersembahkan untuk rakyat atau dengan jingle lagu.

KBBI nyen·trik /nyéntrik berperilaku, bergaya eksentrik, aneh, tidak wajar (tt anak muda msl anak laki-laki memakai subang, atau memakai celana jin yg di bagian tumit dirobek, dng baju digulung ke atas sampai pendek sekali, dsb)

Dengan latar berwarna gelap yang sangat kontras dengan seragam putih kedua kandidat, video iklan Aher Deddy Mizwar ini hanya menampilkan mereka berdua yang tampak sedang khusyu menengadahkan tangan seraya berdoa.  Ya, hanya DOA yang disampaikan dalam iklan televisi tersebut. DOA untuk masyarakat Jawa Barat.

Bagi saya iklan yang sudah tayang, baik itu di media cetak, media sosial, media elektronik (TV dan internet) yang dilakukan semua kandidat calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat 2013-2018 adalah bentuk kampanye iklan (advertisment campaign) sedangkan menurut KPU selama isinya tidak ada ajakan/promosi/persuasi di media massa, misal: coblos no sekian, pilih kami, tidak dikategorikan kampanye politik, hanya sekadar sosialisasi.

 

Video versi iklan kampanye Aher Deddy Mizwar 2013

Slogan kampanye Aher Deddy Mizwar adalah
“Selalu Dekat dan Melayani.
Bantu kami, untuk melayani Anda.”

Iklan versi doa adalah iklan tv pertama mereka, kemudian iklan versi kuis (diperankan pelawak Oni) juga sudah tampil pada tanggal 7 Februari di tv nasional. Beberapa artis dan seniman turut mengisi iklan kampanye calon gubernur petahana Jawa Barat ini diantaranya Dedi Petet, Oni “Kabayan” dan Dicky Chandra.

Berikut ini adalah isi narasi doa Deddy Mizwar :

Ya Allah, jika Engkau berkenan memberikan AMANAH memimpin rakyat Jawa Barat …

Berikan juga kami KEKUATAN IMAN untuk menjadi PELAYAN untuk terwujud KESEJAHTERAAN.

BIMBING kami ya Allah, agar selalu mendengar, melihat, merasakan … untuk MELAKSANAKAN apa yang diharapkan rakyat.

Amin

Pilihan inspiratif untuk membuat nama perusahaan dan merek produk Anda, desain logo yang baik dan sertifikasi merek untuk perlindungan 10 tahun. Hubungi @ARidwanSopari, atau Telp (022) 70749980 

The following two tabs change content below.

Agus Ridwan Sopari

Kang Aridh

Penulis (@aridwansopari) pria bukan perokok, pendiri dua badan usaha di Bandung ialah ideapreneur ID; konsultan desain dan branding dengan basic-skill desain grafis dari 2002, yang akan bantu Anda kembangkan ide, konsep bisnis, nama usaha, merek produk, logo dan desain. »

Latest posts by Agus Ridwan Sopari (see all)

BAGAIMANA MENURUT ANDA?

  1. Pingback: Konsolidasi Langit Kader PKS | Revive Risha

  2. mau tanya, itu iklan kampanye yg katanya sosialisasi itu yg judul doa keluar di televisi sekitar tgl brp dibulan apa ya? apa mas masa kampanye? mohon direspon, terima kasih

    • Soal tanggal saya kurang tau pasti, hanya saha tulisan ini dibuat satu dua hari setelah saya melihat tayangan iklan sosialisasi versi doa di televisi. Kemungkinan itu pekan awal bulan Februari. Soal masa kampanye atau bukan, saya tidak ingat, mohon kros cek KPUD.

      Seperti yang disebutkan pada tulisan di atas, soal “iklan kampanye yang katanya sosialisasi” itu bagian Panwaslu yang menilai. Sebab sampai hari ini iklan kampanye calon presiden dan partainya masih saja eksis. Seperti Gerindra, Hanura, PAN dan Golkar mereka menyertakan nomor urut partai, nama capres, tapi berhubung tidak ada ajakan coblos nomor/capres, tidak dikatakan iklan kampanye oleh aturan KPU–hanya sosialisasi.

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>