Ideapreneur adalah penyatuan dua kata yaitu idea dan entepreneur, gagasan dan usahawan. Seiring tren wirausaha yang ada di dunia masa kini berkembang pula istilah hybrid entrepreneurship yang kita ketahui seperti ecopreneur, edupreneur, creatipreneur, intrapreneur, technopreneur, mompreneur, infopreneur, writerpreneur, artpreneur, knowledge entrepreneur, media entrepreneur, sociopreneur, medicalpreneur dan sebagainya.

Ketika disandangkan dengan sebutan entrepreneur murni seperti pengusaha yang harus mengoperasikan dan menjalankan bisnis, super sibuk dan kaya raya saya belum cocok. Tapi yang diusahakan oleh Steve Jobs pendiri Apel dan Ray Kroc pendiri Mc Donald mirip dengan apa yang saya lakukan, sih. Hehe.

Apa sebab saya menggunakan istilah ideapreneur, dan apakah saya menciptakan sendiri istilah ideapreneur atau sudah ada kata itu sebelumnya?

Ada satu sebab saya menyukai istilah ideapreneur, karena saya pernah buat kepanjangan dari nama panggilan saya, ARIDH, Agus Ridwan Idea Development Helper. Lantas saya mencari istilah yang pas untuk itu dan dapatlah sebutan ideapreneur yang saya pilih dari pada istilah creativepreneur yang lazim digunakan oleh pelaku usaha di industri kreatif.

Kata ideapreneur terinspirasi oleh buku Peter F Drucker “Inovasi dan Kewirausahaan” di mana Drucker menjelaskan hubungan antara inovasi dan kewirausahaan. Mengutip dari School of Communications Art, ‘Innovation is a discipline, with its own, fairly simple rules. And so is entrepreneurship. Neither of them requires geniuses. Neither of them will be done if we wait for inspiration and the kiss of the muse. Both are work. And only those businesses, and those business executives, who accept this are likely to survive.’

Dalam bukunya “Inovasi dan Kewirausahaan”, Drucker menjelaskan McDonald Ray Kroc sebagai tipe ideapreneur. Kroc mengidentifikasi kesempatan untuk standar pengalaman makanan cepat saji dan mengembangkan inovasi yang terstandarisasi atas segala sesuatu dari proses produksi makanan, kualitas makanan, pelatihan staf, layanan pelanggan – bahkan tata letak interior toko.

Ideapreneur adalah seorang pengembang ide untuk menciptakan solusi bagi bisnis atau tujuan lain dan bantu mewujudkannya.—Agus Ridwan Sopari

Laboratorivm menyebutkan bahwa ideapreneurs adalah orang-orang yang berhasil pertama kali mengidentifikasi peluang untuk perubahan di suatu bidang, dan kemudian menjalankan strategi yang menciptakan shareholder value dengan membawa inovasi pada suatu bidang (pekerjaan). Dalam Urban Dictionary, ideapreneur dapat diartikan sebagai seseorang yang suka menghasilkan ide-ide baru dan inovasi, baik untuk kepentingan bisnis atau hal lain, dan bantu untuk mewujudkannya.

(Somebody who likes to generate new and innovative ideas – whether for business or other purposes – and to help realize them. —UrbanDictionary)

Siapapun adalah seorang ideapreneur. Disainer grafis, disainer web, disainer fashion, disainer interior, dan disainer produk bisa saya katakan sebagai ideapreneur, tetapi hanya dengan sebutan desainer saja bagi mereka sudah cukup jelas menggambarkan jati dirinya. Contoh lain adalah penulis, karena mereka juga berkarya dengan menyebarkan gagasan melalui tulisan, tetapi seorang penulis lepas ada yang lebih bangga menyebut dirinya sebagai writerpreneur.

 

Saya dan juga Anda, adalah ideapreneur. Apapun profesinya, bisa berbagi solusi dan ide melalui situs www.ideapreneur.id dan Linkedin Group untuk Indonesia kita.