Stop dulu, ini cara halal menggapai prestasi

Merasa stagnan dan tak bersemangat jadi halangan menggapai prestasi. Iya kita perlu berhenti sejenak berkontemplasi, mengevaluasi ke dalam diri sendiri. Apakah cara saya yang selama ini dilakukannya dengan halal? 

Stop dulu, ini cara halal saya menggapai prestasi agar kita mampu konsisten dalam berusaha meraih cita-cita dan impian.

Pertama-tama kita perlu pahami dulu “prestasi” yang saya maksudkan. Karena prestasi bukan hal yang baku, harus ditandai dengan memperoleh selembar ijazah atau certificate of achievement.

Prestasi berasal dari bahasa Belanda yang artinya hasil dari usaha. Prestasi diperoleh dari usaha yang telah dikerjakan. Begitu Wikipedia mengutip dari buku pelajaran SMP/MTs.

Dari pengertian prestasi tersebut, maka pengertian prestasi diri adalah hasil atas usaha yang dilakukan seseorang. Oke. Ya. Caranya saya singkat jadi 3M, mencari – melamar – menikah. Bukan itu dong.

Inilah menggapai prestasi cara halal dengan 3M: Mau – Mampu – Maju.

Cara pertama. Mau yang mendalam.

Pentingnya memupuk kemauan adalah sepenting tujuan pencapaian prestasinya. Bukan banyak mau, yang akan membuat kita jadi bingung, tak tau arah karena banyak jalan yang ditempuh.

Cara kedua. Mampu.

Cara ketiga. Maju.

Prestasi dapat dicapai dengan mengandalkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual, serta ketahanan diri dalam menghadapi situasi segala aspek kehidupan.

~  HALAL DIBAGIKAN  ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *